JXTC Political - шаблон joomla Окна





Jan 30

Magister Administrasi Publik

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

SK Pendirian : 1085/D/T/2007, Tertanggal 09 Mei 2007
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Satryo Soemantri Brojonegoro
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : Agustus 2007
Nomor SK Izin Operasional : 1206/D/T/K-VIII/2012, Tertanggal 31 Mei 2012
Peringkat (Nilai) Akreditasi : A (Sangat Baik)
Nomor SK BAN-PT : 140/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2015, Tertanggal 6 April 2015
Ketua Program Studi : Dr. I Nyoman Subanda, Drs., M.Si.

Visi Program Studi Magister Administrasi Publik

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:
Mengembangkan Program Studi MAP-Undiknas menjadi program studi berkualitas yang siap bersaing di era globalisasi berlandaskan Tri Hita Karana

Misi Program Studi Magister Administrasi Publik

Berdasarkan pada visi tersebut serta mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki, maka Progdi MAP Undiknas mempunyai misi bahwa Lulusan Progdi MAP Undiknas :

a. Memiliki kepribadian yang kuat, mandiri, jujur, satya wacana serta bersikap tegas dan bertanggungjawab dalam melaksanakan konsep Tri Hita Karana dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi;
b. Memiliki pengetahuan dan kemampuan bekerja yang luas tentang ilmu administrasi publik baik secara filosofis, teoretik dan praktis;
c. Mampu merencanakan, merancang dan mengevaluasi kebijakan publik dan pembangunan serta mampu mengembangkan penelitian kualitatif dan kuantitatif terhadap isu-isu kebijakan publik dan pembangunan;
d. Mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap dinamika kemanusiaan dan pluralitas kehidupan berbangsa serta mampu memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di masyarakat.

Tujuan Program Studi Magister Administrasi Publik

Dalam rangka menjalankan misi, Progdi MAP Undiknas menetapkan beberapa tujuan strategis dengan rumusan berikut:

a. Memiliki keluaran (output), yang terdiri atas lulusan, penelitian,dan publikasi hasil penelitian di jurnal-jurnal yang kuantitas dan kualitasnya semakin meningkat;
b. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mengambil keputusan profesional dalam bidang kebijakan publik dan adiministrasi pemerintahan daerah;
c. Memiliki materi pendidikan dan kurikulum yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan jaman khususnya relevan dengan kebutuhan administrasi pemerintahan dan administrasi publik pada umumnya;
d. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan melakukan penelitian;
e. Menghasilkan lulusan yang peduli, sensitif dan responsif terhadap dunia sosial sebagai manifestasi sebagai jiwa pengabdian pada masyarakat.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Magister Manajemen

Sasaran jangka menengah (2014-2018) yang ingin dicapai oleh Progdi MAP Undiknas adalah :

a. Terwujudnya lulusan yang mampu menguasai kecakapan konseptual dan kecakapan teknis dengan sangat baik;
b. Terwujudnya lulusan yang mampu menjadi peneliti dalam rangka pengembangan IPTEK;
c. Terwujudnya lulusan yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat dan lingkungan;
d. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pekerjaan konseptual secara profesional dan memiliki kompetensi serta keunggulan bersaing di tataran nasional & global, serta mampu bekerja di bawah tekanan akibat pekerjaan yang ditekuni;
e. Menghasilkan lulusan yang dapat diterima di perguruan tinggi terkemuka untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (S3);
f. Meningkatnya kemampuan sivitas akademika yang mandiri (independent), memiliki otonomi dan kemampuan mengarahkan dirinya (self-directed) dalam melakukan berbagai kegiatan akademik;
g. Kerjasama dengan masyarakat, swasta, dan pemerintah dalam rangka implementasi perguruan tinggi;
h. Kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan lembaga pendidikan sejenis di tataran regional (CAFTA) dan global terimplementasikan dengan sangat baik.


Strategi yang sudah dilakukan antara lain:

1. Memiliki materi pendidikan dan kurikulum yang relevan dan maju dalam memenuhi kebutuhan kalangan akademik, industri, dan profesi;
2. Menjalankan proses pendidikan yang efesien dan efektif;
3. Mengimplementasikan dengan sangat baik Sistem Penjaminan Mutu (SPM) yang meliputi aspek akademik dan non akademik;
4. Menyediakan fasilitas proses belajar yang menggunakan teknologi informasi terkini (up to date);
5. Peningkatkan wawasan dan kualitas dosen melalui penyelenggaraan dan keikutsertaan dalam seminar, lokakarya dan pelatihan bertaraf nasional dan/atau internasional;
6. Meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui kegiatan pelatihan, seminar, kuliah umum dan sebagainya;
7. Mahasiswa yang diterima memiliki nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) minimal skor 450 dan saat lulus minimal skor 500;
8. Dosen pengajar membuat buku ajar sendiri yang menggunakan berbagai sumber (text book, internet, dll);
9. Menyediakan sumber daya yang maksimal untuk mendukung berbagai program kerja sama yang akan diwujudkan.
10. Menambah dan memperbaharui sarana dan prasarana, termasuk di dalamnya perangkat lunak dan keras.


Author: Webmaster
Print PDF