JXTC Political - шаблон joomla Окна





May 09

Tingkat Kehadiran Dosen dalam Proses Belajar Mengajar di UNDIKNAS Sesuai Standar SPMI

Salah satu unsur  terpenting keterjaminan kualitas pendidikan di Undiknas Denpasar adalah kualitas pelaksanaan proses pembelajaran oleh dosen kepada mahasiswa. Hal ini diatur dalam Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran/Undiknas-STD/SPMI/II.C.05, yang berisi ketentuan bahwa setiap dosen wajib memenuhi kewajiban mengajar minimal 75 % dari jumlah kehadiran yang ditetapkan. Standar ini juga mengatur bahwa setiap dosen wajib mengisi BAP secara lengkap sesuai dengan GBPP dan SAP.

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Undiknas secara berkala melaksanakan monitoring dan evaluasi (MonEV) terhadap setiap standar yang ditetapkan. MoNev terhadap proses pembelajaran pada semua fakultas untuk semester genap 2011/2012 telah dilaksanakan secara marathon oleh seluruh staff LPM pada minggu pertama bulan Mei 2012. Evaluasi dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh mahasiswa. Hasil MoNev menunjukkan bahwa kehadiran rata-rata dosen di Undiknas Denpasar adalah sebesar 87,12 % atau dalam grade Sesuai, yang terdiri dari 93,3 % di Progdi Akuntansi, 89,96 di Progdi Manajemen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); 92,00 % diProgdi Ilmu Hukum Fakultas Hukum; 82,00 % di Progdi Ilmu Komunikasi, 87,00 % di Progdi Ilmu Administrasi Negara FISIPOL; 83,00 % di Progdi Elektro, 82,60 % di Progdi Tehnik Sipil Fakultas Tehnik dan Informatika (FTI). Namun demikian masih dijumpai rendahnya tingkat dosen yang menyertakan GBPP di dalam BAP sebagai panduan perkuliahan sehingga kualitas  materi ajar masih sulit untuk dievaluasi.

Tingginya tingkat kehadiran dosen dalam melaksanakan pembelajaran menunjukkan bahwa Undiknas Denpasar sangat serius dalam proses pencetakan calon lulusan sehingga mampu menjawab tantangan pasar kerja dengan catatan bahwa kulitas materi ajar harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Melihat kenyataan ini, LPM merekomendasikan kepada seluruh Dekan di lingkungan Undiknas untuk menindaklanjuti hasil MoNev ini sehingga diharapkan terjadi peningkatan kualitas secara utuh dalam segala aspek pada proses pembelajaran.  (LPM-AD/S)

Author: Suparna
Print PDF