JXTC Political - шаблон joomla Окна





Jan 30

Lembaga Penjaminan Mutu

VISI, MISI DAN TUJUAN KERJA

Badan ini bercita-cita untuk menjadi sebuah lembaga penjaminan mutu akademik internal yang profesional untuk membantu Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dalam mencapai visinya sebagai pusat unggulan akademik di PTS Wilayah VIII yang diperhitungkan baik secara Nasional maupun internasional.

Untuk mencapai cita-cita tersebut LPM bertanggung jawab untuk mengemban misi sebagai berikut:

  1. Mendorong sumberdaya manusia di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar agar selalu memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan budaya mutu akademik
  2. Meningkatkan kompetensi LPM secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu akademik secara profesional, bersahabat dan berwibawa
  3. Mendorong menciptakan, mengembangkan dan memelihara secara terus menerus sistem penjaminan mutu akademik di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Seluruh kegiatan LPM adalah ditujukan untuk:

  • Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggungjawab, mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, dan mampu mengembangkan diri
  • Menjamin mutu penelitian (research) dan pelayanan sosial (community service) yang berbobot dan bermanfaat bagi masyarakat di tingkat nasional dan internasional
  • Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik secara terus menerus di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

NILAI DASAR

Dalam menjalankan tugasnya, LPM selalu menjunjung tinggi nilai-nilai:

  • Keunggulan
  • Integritas
  • Keterbukaan (Transparansi)
  • Kebangsaan
  • Kemanusiaan

Tiga nilai yang pertama adalah nilai dasar yang disepakati untuk Universitas Pendidikan Nasional Denpasar oleh Senat Akademik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar. Sedangkan dua nilai yang terakhir merupakan tambahan dari LPM, dengan alasan bahwa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar menyandang nama sebuah PTS di Bali yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan kemanusiaan.

STRUKTUR ORGANISASI

LPM bertanggung jawab kepada Rektor, yang pelaksanaan sehari-harinya berada di bawah koordinasi Deputy Rektor I Bidang Akademik. Proses penjaminan mutu akademik di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dilaksanakan secara berjenjang dari aras universitas sampai ke fakultas, bahkan dapat dilaksanakan sampai ke aras program studi. Karena itu dalam menjalankan tugasnya dalam lingkungan Universitas Pendidikan Nsasional Denpasar, LPM mempunyai rekan kerja secara terstruktur, yaitu Gugus Kendali Mutu Akademik (GKM) pada aras Fakultas/Program Pascasarjana-Undiknas Studi Kajian. Kedua institusi ini bekerjasama dalam menjalankan tugas penjaminan mutu akademik di lingkungan Unversitas Pendidikan Nasional Denpasar.

KEGIATAN DAN PENCAPAIAN LPM

Di atas sudah dinyatakan bahwa secara efektif LPM baru aktif sejak awal tahun 2005. Beberapa kegiatan dan pencapaian penting LPM adalah:

  1. Pemantapan institusi LPM, GKM (2005 – 2007)
  2. Kunjungan diseminasi ke 4 fakultas.
  3. Kompilasi Peraturan-peraturan Akademik (DIKTI, UNDIKNAS, dll) (2005).
  4. Penyebaran borang evaluasi (2005 – 2007)
  5. Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM)
  6. Penerbitan Buku Referensi Sistem Penjaminan Mutu Akademik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (2005).
  7. Evaluasi Diri (Self Assessment) pada aras institusi dan aras program studi. Pada aras institusi adalah evaluasi terhadap LPM sendiri, sedangkan pada aras program studi adalah 1 (satu) program studi pada setiap fakultas (2007).

PRODUK LPM

  1. Kebijakan Akademik:
    • Buku Sistem Penjaminan Mutu Akademik Undiknas Denpasar
    • Manual-mutu dan manual prosedur
    • Borang evaluasi Progdi (termasuk EDOM)
    • SK Rektor tentang penjaminan mutu akademik
  2. Rekomendasi:
    • Untuk Rektor tentang masalah-masalah akademik di Undiknas, khususnya yang berkaitan dengan Penjaminan Mutu.
    • Pembukaan program studi.
    • Laporan Kemajuan pelaksanaan sistem penjaminan Mutu

METODE KERJA LPM

  • Rapat rutin
  • Rapat khusus
  • Pelatihan
  • Konsultasi
  • Pengumpulan data

KEAHLIAN ANGGOTA LPM

  • Mempunyai kemampuan dalam membaca dan menulis konsep dan teori QA. Memahami dan menguasai konsep dan teori QA.
  • Memempunyai kemampuan dalam menyebarluaskan pengetahuan Quality Assurance (planning-doing-checking-action/improvement) kepada pihak lain:
    • Quality Management (planning dan doing)
    • Quality Audit (checking)
    • Quality Improvement (action atau improvement)
    • Mempunyai skill menilai proposal pembukaan program studi baru, dan menilai program studi yang sedang berjalan, sesuai dengan standar.
    • Mempunyai skill negosiasi, mengajak, dan mendorong orang untuk menerima dan melaksanakan QA di tempat mereka

OPERASIONAL MANAJEMEN MUTU AKADEMIK DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL DENPASAR

Penjaminan Mutu Akademik adalah proses dimana customers, stakeholders, clients , atau pihak-pihak berkepentingan lain merasa terpuaskan bahwa standar mutu akademik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dicapai secara konsisten. Untuk memberikan jaminan seperti itu, perlu dibangun sebuah sistem Manajemen Mutu Akademik . Bagian dari sistem ini adalah Pengawasan Mutu Akademik, dimana kesesuaian kinerja dengan standar diperiksa, dan tindakan-tindakan akan diambil jika kesesuaian tidak tercapai. Sistem Manajemen Mutu Akademik dapat diperiksa untuk melihat apakah sistem itu ada dan berjalan; pekerjaan ini disebut Audit Mutu Akademik. Produk atau pelayanan akademik Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dapat diperiksa secara eksternal untuk melihat apakah produk dan pelayanan itu sudah tercapai; pekerjaan ini disebut Asesmen Mutu Akademik . Agar semua ini dapat berjalan dengan mulus di dalam organisasi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, maka Universitas Pendidikan Nasional Denpasar perlu membangun suatu Lingkungan/Atmosfir Akademik , di dalam lingkungan ini semua pihak dari atas sampai ke bawah mempunyai komitmen yang tinggi terhadap Budaya Mutu Akademik yang sudah disepakati bersama .

HUBUNGAN DENGAN PIHAK LUAR

Dalam menjalankan tugasnya, LPM berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penjaminan mutu akademik, misalnya lokakarya, pelatihan, dan seminar baik yang dilakukan oleh Dikti maupun Universitas lain di Wilayah Indonesia, Untuk tugas akreditasi ekternal, LPM bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional Dikti. Universitas Pendidikan Nasional Denpasar sebagai piolot projek dalam rangka pelatihan AMAI yang diselenggarakan oleh Dikti, yang pada masa kini sudah selesai menyusun sebuah manual quality assurance assessment.

KEPUTUSAN REKTOR YANG BERKAITAN DENGAN LPM

  1. Keputusan Rektor Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Nomor: 406/II-1/VII/2005 tentang Pengangkatan pejabat struktural dan pejabat Administrasi di lingkungan Undiknas Denpasar.
  2. Keputusan Rektor Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Nomor: 466/II-1/UND/XII/2006 tentang Pengangkatan pejabat struktural Badan Penjamin Mutu dan Gugus Kendali Mutu di Lingkungan Undiknas Denpasar.
  3. Keputusan Rektor Universitas Ipendidikan Nasional Denpasar Nomor : 084/II-4/UND/III/2007 tertanggal 3 maret 2007 Tentang pengembangan struktur organisasi Lembaga Penjamin Mutu.


Author: Webmaster
Print PDF